KONTES AKIK PIALA PJ BUPATI GRESIK SIAP DIGELAR

oleh : admin | tanggal 2015-11-24 16:01:37

Pesona akik di Gresik ternyata belum surut. Terbukti kontes akik memperebutkan piala PJ Bupati Gresik yang akan diselenggarakan pada 20-21 Nopember 2015 sudah banyak pendaftar.

 

Hal ini diakui oleh ketua Panitia Kontes Akik dan Permata yang juga wakil ketua Asosiasi Gemstone Gresik (AGG) Haji Nasir. “Selama dua hari terakhir sudah ada empat puluh lebih akik yang didaftar untuk kontes” katanya saat ditemui Kabag Humas Suyono di stand pemeran Akik di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) Rabu (18/11/2015).

 

Selaku Ketua AGG Ainul Hidayat mengaku puas akan animo peserta. Dia mengatakan Kontes Akik Piala PJ Bupati Gresik ini dilaksanakan saat puncak pameran akik dan permata yang diselenggarakan oleh Asosiasi Gemstone Gresik (AGG). “Pameran Akik dan Permata AGG dilaksanakan yang dibuka oleh PJ Bupati Gresik Dr. Akmal Boedianto pada Senin petang kemarin berlangsung sampai Sabtu besok” ujarnya.

 

Pada kontes akik Piala Bupati kali ini dilaksanakan selama 2 hari sebelum penutupan yang sekaligus akan diserahkan hadiah berupa uang tunai serta piala PJ Bupati Gresik kepada para pemenang. “Bagi pemilik akik yang akan diikutsertakan pada kontes, silahkan datang dan mendaftar masih ada kesempatan. Akik dikonteskan akan dipajang disalah satu galeri khusus” kata Hidayat.

  

Tentang pameran Akik dan Permata yang diselenggarakan tersebut, Ketua AGG menyatakan kepuasannya. Dari pameran akik dan permata yang diselenggarakannya, dia mengaku pesona akik dan permata di Gresik belum luntur. “Dari enam puluh empat stand akik yang dipersiapkan, semuanya terisi. Baik itu pedagang local maupun luar kota bahkan luar pulau” katanya.  

 

Keramaian juga ditunjukkan oleh para pengunjung pameran. Dalam 2 (dua) hari sejak pembukaan, pengunjung masih terlihat ramai. Hal ini diakui oleh Amri (42) asal Bangkalan yang berdagang ‘akik amba’ mengaku sampai kewalahan. “Selama dua hari berturut-turut saya mendapat uang dua juta rupiah lebih. Bahkan saya sempat minta kiriman akik lagi dari Madura” katanya.

 

Tentang akik amba dagangannya, Amri mengatakan akiknya ini punya keunikan. “Akik ini bisa berjalan ketika ditaruh di permukaan kaca dan ditetesi asam cuka atau jeruk. Akik amba juga bisa menjernihkan air dalam gelas” katanya. Serta merta Amri mengambil segelas air lalu dia menetesi dengan obat merah.  Kemudian akik amba dimasukkan, dalam hitungan menit air dalam gelas terlihat jernih. (sdm)