Tugas dan Fungsi Sekretariat Bappeda


Sekretariat mempunyai tugas memberikan pelayanan dan pengelolaan administrasi umum, tata usaha, kearsipan, kepegawaian, keuangan dan perlengkapan serta pengkoordinasian penyusunan rencana program, evaluasi dan pelaporan.

Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan.

Dalam melaksanakan tugas, Sekretariat menyelenggarakan  fungsi:

  1. Pengkoordinasian penyusunan rencana program dan kegiatan BAPPEDA;
  2. Pelayanan administrasi umum, ketatausahaan, kearsipan dan dokumentasi dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan tugas BAPPEDA; 
  3. Pengelolaan administrasi keuangan dan kepegawaian BAPPEDA;
  4. Pengelolaan urusan rumah tangga,  perlengkapan dan inventaris kantor BAPPEDA;
  5. Fasilitasi pelaksanaan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah;
  6. Fasilitasi pelaksanaan pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah;
  7. Pengkoordinasian dan penyusunan laporan hasil pelaksanaan program dan kegiatan BAPPEDA; dan
  8. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan bidang tugasnya .

Sekretariat, terdiri dari :

  1. Subbagian Umum dan Kepegawaian;
  2. Subbagian Keuangan; dan 
  3. Subbagian Program dan Pelaporan.

Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan pelayanan administrasi umum dan ketatausahaan;
  2. Mengelola tertib administrasi perkantoran dan kearsipan;
  3. Menyusun agenda kegiatan pimpinan dan keprotokolan;
  4. Melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan mempersiapkan sarana prasarana kantor;
  5. Melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan dan perjalanan dinas lingkup BAPPEDA;
  6. Melaksanakan pengadaan, perawatan inventaris kantor;
  7. Melaksanakan pelayanan administrasi kepegawaian, disiplin pegawai dan pengembangan kompetensi pegawai;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

Kepala Subbagian Keuangan mempunyai tugas :

  1. Menyusun rencana usulan kebutuhan anggaran keuangan;
  2. Mempersiapkan dan menyusun kelengkapan administrasi keuangan;
  3. Mengelola pembukuan dan perbendaharaan;
  4. Melaksanakan verifikasi kelengkapan bukti administrasi keuangan;
  5. Menyusun rekapitulasi penyerapan keuangan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan;
  6. Melaksanakan pengelolaan tertib administrasi keuangan di lingkup BAPPEDA; 
  7. Melaksanakan penyelesaian pembayaran gaji dan hak lainnya; dan
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.

Kepala Subbagian Program dan Pelaporan mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan penyusunan rencana strategis BAPPEDA:
  2. Melaksanakan penyusunan rencana kegiatan tahunan BAPPEDA;
  3. Melaksanakan verifikasi internal usulan perencanaan program dan kegiatan;
  4. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan BAPPEDA;
  5. Mengumpulkan dan menganalisa data hasil pelaksanaan program dan kegiatan BAPPEDA;
  6. Mengkoordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan BAPPEDA;
  7. Melaksanakan inventarisasi pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah; dan
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan bidang tugasnya.